Yayasan As-Sunnah Mojokerto

Informasi Dakwah Salafiyah

Hikmah Salaf

Hikmah salaf

1. Tiga Wasiat Rosululloh

Dari Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdirrahman Mu’adz bin Jabal Ra, keduanya mengatakan bahwa Rosululloh Saw bersabda: “Bertakwalah kepada Alloh dimana dan kapan saja kamu berada. Ikutilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapuskannya. Dan pergaulilah Manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. At-Tirmidzi).

2. “Perunpamaan aku dan kalian sama dengan seorang lelaki yang menyalakan api. Setelah apinya menyala, maka kupu-kupu dan serangga-serangga lainnya berjatuhan kedalam apinya, sedangkan dia berusaha menghalang-halanginya, tetapi mereka dapat mengalahkannya dan menceburkan diri mereka kedalam api itu. (Nabi Saw. melanjutkan sabdanya) yang demikian itulah perumpamaan aku dan kalian; aku menahan kalian agar jangan terjerumus kedalam neraka, “menjauhlah dari neraka!” Tetapi kalian dapat mengalahkan aku dan kalian menceburkan diri kedalam neraka”. (HR. Bukhori  dan Muslim)

3. Umar bin al-Khoththob radhiyallahu’anhu berkata:

“Rendah dirilah kalian pada orang yang mengajari ilmu pada kalian dan rendah diri pula pada orang yang kalian ajari janganlah kalian menjadi ulama yang kasar.” [Al-Adab asy-Syar’iyyah,1/243]

‘Abdullah bin mas’ud radhiyallohu’anhu berkata:

“Hendaklah kalian memiliki ilmu sebelum ilmu itu diangkat dan dilenyapkan, lenyapnya ilmu dengan wafatnya orang yang mengajarkannya. Seseorang tidak akan mungkin dilahirkan dalam keadaan berilmu, karena ilmu itu didapatkan dengan belajar.” [Tahdzib Mau’idhah al-Mu’minin, hal.16].

4. ‘Amr bin al-Ash radhiyallohu’anhu berkata:

Orang yang berakal bukanlah orang yang sekedar mengetahui yang baik dari yang buruk, akan tetapi orang yang berakal adalah orang yang mengetahui mana yang baik dari dua keburukan.” [Siyar al-A’lam an-Nubala’,III/74].

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: